منوعات وترفيه

وصفوه بأثقل طفل في العالم فقرر أن ينقص وزنه .. هكذا أصبح شكله الآن

و كان  الطفل آريا بيرمانا الذي ينحذر من قرية سيبور واساري في إندونيسيا قد  تصدر عناوين الصحف سنة 2016 بعد أن تسببت له شهيته المفتوحة دائما للأكل في زيادة وزنه بشكل مفزع. وبلغ وزنه آنذاك 193 كيلو جرام.

حين شعر أقرباؤه بأن زيادة وزنه قد تتسبب له في مأساة، قرروا أن يستعينوا بمدرب خاص ليساعده على التخسيس.

في 2016، شرع  الطفل آريا البالغ من العمر آنذاك 10 سنوات  في مهمة إنقاص الوزن بمساعدة المدرب الشخصي وكمال الأجسام المحترف أدي راي ، الذي أشرف على تتبع آريا أثناء التدريبات.

شاهد فيديو يوثق للمراحل التي مر منها آريا للتخلص من وزنه الزائد:

View this post on Instagram

Senang nya melihat aria hari ini… Fitnessmania, sekali lagi jangan salah paham ya… cerita SUKSES @ariaa.prm murni karena pola perilaku aria sendiri dan keluarga nya serta dukungan medis yg di dapatkan aria selama ini, saya lebih sekedar memotivasinya saja sebagai bagian dari orang-orang yang peduli akan perilaku sehat, terutama bicara dalam ikut berkontribusi mengurangi angka kelebihan berat badan yang selama ini menjadi kontributor utama penyakit kronis dan prematur kematian. Semoga cerita ARIA PERMANA menjadi pelajaran yang berharga bagi kita semua .. dan berharap anak-anak di indonesia memiliki orang tua dan keluarga yang mampu mempengaruhi nya secara positif sehingga bersedia dengan senang hati meniru perilaku sehat keluarga dan lingkungannya… Sebelum menjadi orang tua yang bijaksana bagi anak kita, berlaku lah bijaksana bagi diri sendiri, terutama dalam meningkatkan kemampuan kita menciptakan kesenangan pada TUBUH kita melalui pola perilaku sehari- hari… pola makan, pola gerak, pola istirahat, dan pola pandang .. TUT WURI HANDAYANI .. mengAJARkan cukup hanya dengan menCONTOHkan?

A post shared by Ade Rai (@ade_rai) on

يقول آريا ، الذي يبلغ من العمر الآن 13 عامًا ، بأنه يعتبر مدربه آدي كفرد من عائلته، كما أن الإثنان يتشاركان في حب ألعاب الفيديو، و صرح الطفل لموقع asiaone قائلا:

عندما قابلت عمي أدي للمرة الأولى ، طلب مني أن ألعب معه PlayStation.

و يعود الفضل الكبير في تغيير الطفل آريا للمدرب آدي حيث ساعده بشكل كبير في الإنخراط في عدد من الأنشطة الرياضية ودعمه أثناء العلاجات الطبيية العديدة التي خضع لها خلال مسار تحوله.

اليوم وبعد ثلاث سنوات من الفحوصات وبرامج الحمية وأنظمة التمرين والجراحة التجميلية، تمكن الطفل أريا من خسارة ما يفوق ال100 كيلو جرام و يبلغ آريا من الوزن الآن 86 كيلوجرام.

View this post on Instagram

“Mas ade, katanya kalau kita fitness , badan nya nanti tambah besar tapi ‘anu’ nya kita nanti jadi tambah kecil ya?” ?… Fitnessmania… dahulu kala berat badan saya hanya 55 kg dengan tinggi badan yang sama seperti hari ini 183 cm, pada saat itu ukuran JARI KELINGKING saya besar nya normal spt ini?… Beberapa tahun kemudian ketika saya tambah rajin fitness nya, berat saya menjadi 87 kg, terutama massa otot saya bertambah termasuk bagian OTOT PAHA saya, uniknya UKURAN jari kelingking saya pun tetap sama. Dalam hal ini tidak terjadi pemBESARan atau pengKECILan ukuran jari kelingking saya, yang terjadi sesunguhnya adalah justru bagian tubuh saya yang lain lah yang membesar, terutama otot PAHA saya .. sehingga ILUSI yang tersampaikan seolah-olah ukuran jari kelingking saya yang mengecil… Mohon tidak salah paham ya fitnesmania? FOTO di atas pun demikian.. tidak terjadi pemBESARAN atau pengKECILan pada tubuh saya, namun yang terjadi adalah pengecilan di tubuh @ariaa.prm ( dari 193 kg menjadi 83 kg), sehingga ILUSI yang tersampaikan seolah-olah di foto ini UKURAN saya yang bertambah membesar ha3… Moral dari cerita ini, Fitnessmania .. bagi TEMAN-TEMAN yg sampai saat ini masih merasa TAKUT kalau nanti kita fitness, badan atau otot nya membesar akan menyebabkan “anu” mengecil? Jangan khawatir yaa .. TIPSnya sederhana.. ingin “anu” nya terlihat besar? “kecilin paha !” ???…. ?? #cerdasfitness #selfreliance #lifelongfitness #naturalbodybuilding #fatloss #wellbeing #pleasantness #body #body #health #mind #peace #emotion #love #lifeenergy #bliss #being #conciousness #infinity #sca #alliswell ?

A post shared by Ade Rai (@ade_rai) on

لم تنته بعد رحلة فقدان الوزن، إذ سيخضع الطفل البالغ من العمر 13 عامًا  لعمليات جراحية أخرى لإزالة الجلد الزائد الذي خلفته رحلة خسارة الوزن.

ويقول الطبيب هارديسيو سويدجانا الذي يشرف على حالة الطفل آريا:

سيخضع آريا لعملية أولى لإزالة الزوائد الجلدية بذراعيه، و بعدها سنتخلص من الجلد الذي حول صدره ، وفي الأخير سنجري عملية لإزالة الجلد الزائد على بطنه.

ومن حسن حظ آريا أن وكالة الرعاية الصحية والضمان الاجتماعي هي من يتكلف بدفع تكاليف إجراء العمليات الجراحية.

قصة آريا من بين مئات إن لم نقل الآلاف من القصص الملهمة التي تدعوا الإنسان للتفكر بجد في تغيير حاله للأفضل.

و للطفل آريا الذي سيحتفل بعيد ميلاده الرابع عشر في فبراير المقبل، كل الحق في أن يفتخر بنفسه و بما أنجزه.

زر الذهاب إلى الأعلى